Mengenal Penyakit Gula Kering Dan Obat Untuk Gula Kering

Pengetahuan Mengenai Penyakit Gula Kering Salah Satu Jenis Penyakit Gula Yang Harus Diwaspadai

Apakah Anda pernah mendengar istilah penyakit gula kering? Mungkin jika penyakit gula sudah cukup familiar di telinga masyarakat. Tapi penyakit gula kering rasanya masih cukup asing dan masyarakat masih sangat awam. Pengetahuan mengenai penyakit dan obat untuk gula kering juga masih cukup tabu.

Penyakit gula kering adalah salah satu jenis dari penyakit gula atau diabetes. Seperti yang kita tahu, penyakit diabetes adalah salah satu jenis penyakit yang terjadi karena kadar gula dalam darah sangat tinggi.

Lalu apakah bedanya penyakit gula atau diabetes kering ini dengan diabetes biasa? Jadi pada dasarnya penyakit gula secara umum masuk dalam klasifikasi penyakit gula basah dan gula kering.

Seorang yang menderita penyakit gula basah atau diabetes basah akan memiliki tubuh yang lebih berisi namun sangat rentan sekali terhadap luka. Jika sudah terluka, maka akan sangat mudah terkena infeksi dan akan sulit sekali disembuhkan.

Jika penderita mengalami suatu luka dan tidak segera ditangani, luka tersebut akan semakin parah bahkan bisa membusuk. Biasanya untuk mencegah pengaruh infeksi, akan dilakukan amputasi.

Berbeda dengan penyakit gula basah, penyakit gula kering atau bisa disebut juga penyakit diabetes kering merupakan tahapan awal sakit diabetes untuk golongan 2. Insulin yang dimiliki penderita sudah rusak. Insulin tidak lagi bisa memecah glukosa atau gula yang ada dalam darah.

Dengan demikian, gula dalam darah yang seharusnya bisa dipecah dan dikonversikan menjadi gula otot tidak bisa terkonversi sehingga kadar gula darah menjadi terus naik melebihi batas normalnya (150mg/dL).

Gejala Dan Ciri-Ciri Penderita Penyakit Gula Kering

Ada beberapa ciri-ciri atau gejala yang bisa digunakan sebagai patokan untuk menentukan apakah seseorang terindikasi mengidap penyakit gula kering atau tidak. Dengan mengetahui ciri-ciri dan gejala berikut, diharapkan bisa segera dilakukan penanganan supaya dampak dari penyakit ini tidak semakin berat. Jika sudah terlihat indikasinya supaya bisa segera memeriksakan diri dan mencari obat untuk gula kering.

Berikut beberapa gejala atau ciri-ciri dari seseorang yang mengidap penyakit gula kering yaitu:

  1. Penderita gula kering tubuhnya akan tampak sangat kurus dan kering seperti kekurangan gizi.

  2. Penderita sakit gula atau diabetes kering juga akan memiliki rasa lapar yang sangat tinggi (cenderung berlebihan). Kondisi ini terjadi karena kandungan gula dalam darah yang seharusnya bisa dikonversikan menjadi energi dan disalurkan untuk sel-sel tubuh hanya dibuang dan mengendap di darah saja. Jadi penderita seperti merasa kurang energi dan merasakan lapar yang sangat tinggi.

  3. Penderita sakit ini juga akan mengalami peningkatan rasa haus untuk minum. Penderita juga akan mengalami beser atau intensitas untuk buang air kecilnya lebih tinggi. Hal ini bisa terjadi karena pembuangan zat gula dan air melalui urin terjadi dengan terus menerus dan tidak melalui suatu proses penyaringan layaknya pada sistem yang normal (kondisi dehidrasi).

  4. Karena kondisi dehidrasi, mulut akan menjadi kering. Otot juga akan menjadi sangat pegal dan nyeri.

  5. Napas penderita akan berbau seperti aroma buah. Hal ini bisa terjadi karena tubuh akan memproduksi zat keton saat seseorang mengalami sakit gula kering ini. Zat keton ini muncul menjadi hasil dari proses pembakaran lemak dalam tubuh dengan aseton dimana hal ini dibutuhkan untuk sumber energi. Zat keton inilah yang memunculkan aroma seperti buah di mulut penderita gula kering.

  6. Kadar gula yang terlalu tinggi akan membuat fungsi mata mengalami masalah. Kadar gula yang terlalu tinggi akan membuat lensa mata berubah dan kondisi ini akan membuat penglihatan menjadi kabur. Biasanya penderita diabetes akan mendapati hasil cek mata yang berbeda, karena setiap kali kadar gulanya naik minus mata bisa ikut naik juga.

  7. Fluktuasi gula darah ternyata juga bisa mempengaruhi mood seseorang. Maka tak heran jika penderita penyakit gula kering lebih sensitif dan mudah marah.

  8. Penderita sakit gula kering akan mengalami sakit kepala tak tertahankan, dan tekanan darahnya menjadi lebih tinggi dari biasanya.

  9. Sering merasa gatal.

  10. Karena dehidrasi dan lemak dibakar terus menerus untuk menyuplai energi bagi tubuh, hal ini membuat berat badan menurun sangat drastis.

Penyebab Dan Pencegahan Sakit Gula Kering

Penyakit gula kering ini terjadi oleh beberapa sebab. Faktor gaya hidup dan keturunan menjadi faktor utama seseorang bisa menderita penyakit ini. Seseorang yang secara turun menurun mengidap penyakit gula, akan lebih beresiko terkena penyakit gula.

Kontrol gaya hidup menjadi suatu hal yang penting. Pasalnya banyak penderita penyakit gula ini tidak menjaga asupan makanannya. Mereka terlalu sering mengkonsumsi makanan manis, soft drink, dan junk food. Obesitas juga menjadi salah satu pemicu seseorang bisa mengidap sakit ini.

Perlu adanya kontrol terhadap diri sendiri supaya Anda tidak terkena penyakit ini. Mulai dari memperhatikan asupan makanan. Konsumsi makanan dengan kandungan gizi seimbang. Mulai juga untuk berolahraga supaya tubuh Anda sehat. Biasakan diri juga untuk kontrol kadar gula darah.

Obat Untuk Penyakit Gula Kering

Untuk mengatasi penyakit gula kering secara medis biasanya menggunakan terapi insulin. Terapi insulin ini memanfaatkan beberapa obat-obatan untuk memicu inslusin dalam tubuh bisa beroprasi.

Beberapa obat tersebut diantaranya adalah:

  • Meglitinides

Obat ini akan memicu tubuh memproduksi insulin lebih banyak. Dengan demikian insulin yang sudah diproduksi akan membantu memecah zat glukosa dalam darah.

  • Thiazolidinediones

Cara kerja obat ini dengan membuat jaringan tubuh lebih sensitif dengan insulin. Jadi insulin yang sebelumnya tidak cukup kuat memecah zat glukosa, karena mengkonsumsi obat ini, tubuh akan merespon dengan lebih sensitif sehingga zat glukosa akan langsung terpecah. Namun ada efek samping dari obat ini. Obat ini akan meningkatkan seseorang beresiko mengalami penyakit gagal jantung dan penyakit patah tulang.

  • DPP-4 inhibitor

Obat ini langsung berperan mengurangi kadar gula yang ada di dalam tubuh seseorang.

  • GLP-1 receptor agonists

Obat ini membantu memperlambat proses pencernaan sehingga kadar gula darah bisa dibantu untuk diturunkan. Namun obat ini beresiko menyebabkan gangguan pangreas.

  • GLT2 inhibitor

Obat ini akan mencegah organ ginjal reabsorbing dan mengereksikan melalui urin. Efek yang ditimbulkan dari obat ini adalah bisa menyebabkan infeksi di saluran kemih penderita.

Obat-obatan ini tidak bisa sembarangan di konsumsi. Perlu resep dari pemeriksaan dokter. Namun obat-obatan kimia ini juga cukup berbahaya efeknya.

Untuk Anda yang ingin mencoba menggunakan obat herbal yang lebih aman, Anda bisa mencoba mengkonsumsi TNO. TNO adalah produk kesehatan herbal untuk berbagai macam penyakit termasuk sakit diabetes kering ini.TNO terbuat dari bahan dasar buah noni yang asli berasal dari kepulauan Tahiti. Ekstrak buah noni ini diproduksi menggunakan peralatan modern sehingga khasiatnya bisa dioptimalkan dan dikemas dalam TNO ini.

TNO tidak memiliki efek samping, Anda bisa mengkonsumsinya untuk terapi menyembuhkan penyakit gula kering yang Anda alami. TNO adalah obat untuk gula kering herbal yang terpercaya. Anda bisa membelinya di http://diabetes-melitus.net/daniel/.

012 Post-Ender

Mohon Diisi Dengan Pak/Bu

Mohon Isi Nama Depan Anda

Mohon Isi Nomor Hp Anda

Mohon Isi Email Anda

Jika Sudah Diisi Lengkap